Memamfaatkan glukosa untuk kesehatan



Apakah kalian tahu apa itu glukosa?hemmm….. mungkin yg lebih kalian tahu adalah gula,tapi gula itu masih umum.Sebagian lagi lebih mengenal istilah karbohidrat atau zat hidrat arang.Nahjadi baiknya kita cari tahu dulu deh apaan sih glukosa itu,berikut penjelasanya.

Glukosa merupakan salah satu bentuk gula tunggal,yg masuk kelompok monosakarida.Dalam bahasa latin mono berarti satu,dan sakaro yg berarti gula,ini karena monosakarida merupakan satu jenis karbohidrat yg memilki gugus gula hanya satu atau tunggal,berbeda dengan disakarida yg memiliki susunan gugus gula rangkap dua(dalam bahasa latin di berarti dua),ataupun polisakarida yg memiliki susunan gugus gula lebih dari dua/atau banyak(dalam bahasa latin poli berarti banyak).

Susunan dari glukosa inilah yg menjadikanya punya keistimewaan untuk menjaga kesehatan,yg mungkin akhir akhir ini sudah disadari dan mulai diaplikaskan secara luas dan terarah.
Nah sekarang udah paham kan,tapi mengapa yah glukosa itu punya keistimewaan,nah lanjut ke penjelasan selanjutnya.
Karbohidrat yg merupakan zat hidrat arang dengan berbagai jenis susunan gula sebagaimana sudah disinggung diatas sering dikambing hitamkan oleh sebagian kalangan atas sejumlah kasus gangguan kesehatan atau beberapa penyakit,2 diantara yg paling sering dikaitkan dengan karbohidrat adalah obesitas dan diabetes.

Padahal karbohidrat adalah zat organik yg masuk daftar gizi makro,itu berarti karbohidrat diperlukan dalam jumlah besar,bersamaan dengan protein dan lemak,dan sejumlah penyakit dikaitkan juga dengan 2 zat tersebut.

Oleh sebab itu banyak penelitian yg dilakukan oleh para ahli tentang konsumsi karbohidrat,lalu diketahuilah sejumlah fakta diantranya:

1.Dalam proses pencernaan disakarida dan polisakarida yg memiliki susunan gugus rangkap perlu dipecah dulu oleh sejumlah enzim,dan setelah itupun biasanya akan tersimpan dulu dalam bentuk insulin di pankreas,juga di otot dalam bentuk glikogen.Jika hendak digunakan maka simpanan tersebut diubah terlebih dahulu menjadi bentuk monosakarida seperti glukosa.

2.Dalam proses pencernaan monosakarida yg memiliki susunan gula tunggal akan cepat digunakan oleh tubuh segera setelah masuk ke lambung akan disekresikan ke pankreas lalu dari sana diedarkan dan mengalami oksidasi dengan oksigen yg didapat dari proses pernafasan berubah menjadi tenaga.Proses oksidasi terjadi pada se ldarah merah.

Melihat fakta diatas nampaknya penggunaan monosakarida dalam kehidupan dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan,contoh penggunaan monosakarida pada kehidupan sehari hari adalah penggunaan madu sebagai pengganti gula tebu.

Memang banyak sekali jenis dari monosakarida seperti glukosa,maltosa,galaktosa,DSB.Namun jenis yg paling mudah ditemui adalah glukosa,yg terdapat pada madu juga kebanyakan dari buah buahan.Sedangkan sayu sayuran mengandung polisakarida dalam bentuk selulosa.

Cara mengetahui kandungan glukosa pada buah sangat mudah,rasa manis alami(manis saat matang di pohon)menjadi indikasi kandungan glukosa pada suatu buah,juga tingkat kemanisan pada buah menjadi indikasi jumlah glukosa yg dikandung pada buah.

Saat buah masuk dan dikunyah di mulut maka glukosa terpisah dari gizi lain oleh enzim ptialin dan saat buah masuk ke lambung tidak harus lagi glukosa itu dicerna tapi bisa langsung disekresikan ke pankreas lalu disimpan sementara dalam waktu yg relatif singkat sampai akhirnya saat kita beraktivitas maka glukosa pun dioksidasi dan menjadi tenaga.

Namun,ada hal yg perlu diperhatikan agar glukosa benar benar bisa dimamfaatkan sebagai alternatif dalam suplai karbohidrat:

1.Glukosa adalah bentuk gula tunggal yg lebih cocok untuk orang yg memang membutuhkan suntikan energi seketika misalnya seseorang yg baru saja olahraga dan mengeluarkan banyak keringat,juga bagi orang yg baru saja pulih dari pingsan.

2.Sumber dari glukosa hendaknya tidak disatukan dengan sumber disakarida ataupun polisakarida,contoh yg paling sering terjadi es buah yg disiram susu,ini akan menjadikan glukosa pada buah bertabrakan dengan laktosa(yg merupakan disakarida)pada susu.

Glukosa dapat dimamfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan sebagai berikut:

1.Merupakan jenis karbohidrat yg tidak akan menyebabkan obesitas karena tidak akan ditimbun sehingg baik untuk diet.

2.Karena susunanya tunggal dan dapat langsung diubah menjadi tenaga,sangat baik untuk beberapa kondisi seperti orang yg kelelahan,yg baru sadar dari pingsan,juga orang sakit yg tidak bisa makan dan perlu diimpus.

3.Untuk penderita diabetes mellitus,glukosa dapat member rasa manis normal tanpa memperparah kenaikan insulin.

Nampak bahwa glukosa bisa menjadi solusi bagi sebagian orang,namun tepat penggunaan menjadi penting untuk hasil yg optimal.

Waw,satu pengetahuan yg mungkin baru kita sadari,ternyata hal kecil bisa berdampak besar,dan yg pasti hal yg besar bisa diawali dari hal yg kecil.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment